Tidak Dapat "Dot Com", Beli "Dot ID" Saja

8 Maret 2014


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Kehadiran domain internet berakhiran .id (dot .id) membuka kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan alamat situs web yang sesuai dengan merek dagangnya. Perusahaan pemilik merek tertentu bisa mengamankan dengan membeli nama domain "namamerek.id". Misalnya, maskapai Garuda Indonesia dengan nama domain www.garuda.id atau www.garuda-indonesia.id.

Domain .id dapat menjadi alternatif bagi perusahaan di Indonesia yang tidak mendapatkan domain internasional .com (dot com) sesuai merek.

Ahli pemasaran online Nukman Luthfie dari Virtual Consulting menegaskan, penting bagi pemilik merek untuk membeli domain .id, terutama bagi mereka yang tidak mendapatkan domain .com. Keberadaan domain .com dinilai sudah sangat terbatas karena banyak sekali pihak yang memanfaatkannya.

“Domain .com itu sifatnya cepat-cepatan. Siapa cepat, dia dapat,” terang Nukman saat dihubungi KompasTekno beberapa waktu lalu.

Nukman menilai memakai alamat situs web yang sama dengan nama merek menjadi hal penting dalam pemasaran online. Setelah melakukan pemasaran lewat berbagai media, konsumen yang penasaran dengan produk atau jasa biasanya akan melakukan pencarian di internet untuk mendapatkan informasi lengkap.

Alamat situs web yang tidak sesuai dengan merek yang bersangkutan akan membuat konsumen sulit mengingat alamat tersebut. “Semua perusahaan pasti menginginkan agar mereknya mudah diingat oleh konsumen,” kata Nukman.

Selain menjelaskan informasi yang lebih detail, sebuah situs web juga bisa dimanfaatkan sebagai saluran baru untuk menjual produk secara online.

Saat ini pendaftaran domain internet .id sudah dibuka dan mulai diperdagangkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Sejak 20 Januari hingga 17 April 2014, pendaftaran domain .id masih eksklusif hanya diperdagangkan kepada pemegang merek. Hingga Rabu (26/2/2014), tercatat ada 164 nama domain .id yang dibeli oleh pemegang merek.

“Kami sengaja memberi hak istimewa kepada pemegang merek agar membeli domain .id lebih dulu untuk menghindari sengketa nama domain berdasarkan merek dagang di masa depan,” kata Ketua Pandi Sigit Widodo.

Domain .id merupakan country code top level domain (CCTLD) untuk Indonesia. Dengan memakai domain internet .id, maka menegaskan bahwa perusahaan tersebut berada di Indonesia.

Sigit menilai bahwa .id merupakan domain internet yang seksi karena singkatan “ID” dapat diartikan sebagai identitas atau identity.



Baca juga
  »
22 Februari 2017
Fitur Baru: Cicilan Kartu Kredit
Fleksibilitas & Kemudahan Cara Bayar Kemudahan cara pembayaran menjadi keharusan di era digital.

  »
3 Februari 2017
Cara buat email domain sendiri
Cara Buat Email Domain Sendiri

  »
17 November 2016
Pengertian dan contoh Website E-Commerse B2B, B2C, C2C, dan C2B
Bisnis E-commerce berkembang dengan cepat di masyarakat. Pada awalnya bisnis ini hanya berkembang antara pemilik bisnis dengan customer atau biasa disebut B2C (Business to Customer). Namun seiring perkembangan zaman, kini bisnis E-commerce sendiri sudah sangat banyak jenisnya, seperti B2B, B2C, C2C, dan C2B.

  »
14 November 2016
Fitur Baru untuk Membantu Strategi Penjualan Anda
​Fitur Baru untuk Membantu Strategi Penjualan Anda, Menjelang akhir tahun 2016, TokoVirtual.com kembali melakukan update fitur terbaru. Tema update kali ini "Be Automatic", yang tentu saja membuat toko online Anda lebih nyaman digunakan dan lebih profesional.

  »
2 September 2013
Menangkap Pembeli Online
Nilai transaksi e-commerce di Indonesia tahun ini diperkirakan mencapai Rp.2.5 triliun. Walaupun angka yang tidak kecil, namun angka itu baru 6% << selengkapnya clik >>